ASIAN GAMES MEMBAWA BERKAH BAGI PARIWISATA INDONESIA

Asian Games yang disebut juga Asiad (dari Asia dan Olimpiade), adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia. Ajang ini didominasi oleh atlet-atlet dari Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara empat tahunan ini yang sebelumnya diselenggarakan di Korea Selatan. Ini merupakan kali kedua Indonesia dapat menyelenggarakan Asian Games, setelah yang pertama pada 1962. Dan untuk pertama kali sepanjang sejarah, Asian Games tidak dilangsungkan di satu kota, melainkan di tiga kota, yakni Palembang, Jakarta dan Bandung.

Acara dimulai dari tanggal 18 Agustus – 2 September 2018. Rencananya, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta akan menjadi tempat pembukaan Asian Games 2019, sementara Gelora Sriwijaya Jakabaring ditunjuk untuk menggelar acara penutupan dan menghelat pertandingan-pertandingan akbar.

 Bagi Indonesia, Asian Games mem­pu­nyai po­sisi yang sangat pen­ting ka­rena dam­paknya bukan hanya soal olahraga, di­ha­rap­kan bisa ber­dampak bagi sektor-sektor strategis lain di Indonesia. Salah satu sektor penting yang bisa mendapatkan man­faat dari penyelenggaraan Asian Games adalah sektor par­i­wi­sata. Sport tou­rism  atau pa­ri­wisata olahraga be­berapa tahun belakangan memang se­makin marak. Di banyak ne­gara, sport tourism  merupakan salah satu diversifikasi produk pari­wi­sata unggulan.

Selain di Palembang, Jakarta juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik, seperti Taman Mini Indonesia Indah yang didalamnya terdapat rumah adat Indonesia dan keindah Indonesia lainnya. Selain Palembang dan Jakarta, Bandung juga tentunya memiliki destinasi yang sangat bagus salah satunya Dago Dream Park, terdapat wahana untuk semua umur dan tentunya terdapat spot foto yang menarik. Dan tentunya Bandung juga sudah banyak yang terintegrasi dengan ITX, baik akomodasi dan atraksinya.

Jika produk-produk wisata di berbagai lokasi penyelenggaraan kegiatan Asian Games tersebut sudah terdata secara digital maka pemesanan produk-produk wisata tersebut oleh wisatawan akan lebih mudah. Demikian juga dengan promosinya, akan lebih mudah dipromosikan secara digital sehingga bisa diakses secara global melalui internet. Pendataan produk secara digital ini bisa dilakukan menggunakan booking system Indonesia Tourism Exchange (ITX). Demikian juga dengan koneksi ke pemasar global bisa menggunakan channel manager ITX. Manfaatnya bagi pemilik produk wisata adalah meningkatnya pemesanan produk dari berbagai negara dengan biaya promosi sangat murah.

Semoga kontinge Indonesia meraih banyak mendali emas dan menjadi juara lima besar. Dan semoga sektor pariwisata di Indonesia juga semakin meningkat dan semakin terkenal di Internasional.

Pada event olahraga berikutnya kita harapkan semakin banyak produk-produk wisata yang sudah terdata dan dipasarkan secara digital.

 

Salam Olahraga dan Salam Wonderful Indonesia !

Share this post